09 Maret 2011

Diary Calon Guru: Mau Ikut Lomba Karya Tulis Aja Susah Banget, siihh?

Dengan segenap keterbatasan, aku juga masih ingin mencetak prestasi, membanggakan institusi tempatku belajar. Tapi kenapa harus dipersulit?

hmm...

kesampaian juga akhirnya ketemu lembar putih diary online ini. udah dari kemarin pengen banget share tentang status FB 'kenapa winwin menangis' itu. tapi dikarenakan beberapa alasan, akhirnya baru sekarang bisa nulis notes. gak papa yak?

oke, kemarin aku bener-bener nangis! dan yang lebih heboh lagi, aku nangis di depan bapak Ketua STKIP PGRI Ngawi yang terhormat, sodara!

kenapa harus menangis?

ceritanya panjang, berawal dari sekitar 2 minggu yang lalu ketika salah seorang dosen memberi info lomba karya tulis ilmiah. jelas aku mengiyakan, lalu mencari 2 teman sebagai anggota tim. mulailah kami bekerja, nulis ini itu, ngumpulin data kesana kemari, cari referensi, dkk sampai draft kami jadi.

setelah draft jadi, masalah pertama muncul. kami tidak bisa menemui dosen pembimbing karena jadwalnya selalu bentrok. satu-satunya media konsultasi cuma sms dan telepon. namun Alhamdulillah kami bisa menyelesaikan karya tulis ilmiah sebanyak 14 halaman itu. dan akhirnya kami baru bisa bertemu beliau (dosen pembimbing) hari senin, 7 maret 2011. padahal deadline lomba itu tanggal 10 Maret. bayangpun!

setelah dilihat, ada beberapa bagian yang harus diedit. oya, lupa, hari senin pagi jam 2 dini hari aku harus mengantar kakakku ke bandara Juanda krn beliau akan pergi ke Makassar. pulang sampai Ngawi jam 5 sore dan jam segitu juga aku dan temenku ketemu pak dosen pembimbing.

karena harus diedit hari itu juga (karena tanggal 8 harus dikirim), jadilah kami pontang-panting kesana kemari. pertama ke rental (karena printer dirumah lagi error), ngedit tulisan dengan baju basah kuyup karena pas perjalanan dari kampus ke rental hujan lumayan lebat dan kami nekat! udah gitu, pas udah di print, pake ada salah lay out segala jadi harus di print ulang.. Alamaakk, padahal itu udah harus nguras uang saku demi ngeprinttt..

oke, print mengeprint akhirnya selesai. lantas kami harus cari tanda tangan (dosen pembimbing, ketua program studi dan ketua/rektor kampus). untuk dosen pembimbing dan ketua jurusan bisa kami dapat di kampus. tapi ternyata bapak rektor udah pulang dan kami harus ke rumah beliau. masih, dengan baju basah dan kedinginan yang sangat. plus, lapeerr!!

done! tanda tangan didapat. kami fikir masalah selesai. tinggal esok hari merubah file kedalam bentuk Pdf dan mengirimkan naskah itu, selesai! (persyaratan lomba salah satunya harus dilengkapi file dalam bentuk Pdf). berbekal pengalamanku mencari rental yang bisa convert ms.Word ke Pdf beberapa bulan lalu (ada di notes "Ya Allah, Hamba Ingin Jadi Penulis!"), aku nyantai aja. besok sebelum ngirim aja, pikirku.

jadi sudah, agenda hari itu, 7 maret 1011 kami akhiri sekitar jam 8 malem. aku pulang dengan baju basah, perut keroncongan, dan satu jilid karya tulis ilmiah bersampul hijau. untung ibuk nggak marah, padahal biasanya aku pulang telat sedikit aja udah cemberut.. :D thanks, mommy!

baru sadar, seharian itu aku muter-muter 7 keliling1. pagi jam 2 dini hari berangkat ke Surabaya, terjebak kemacetan di Sidoarjo, sampai Bandara hampiiirr aja telat, pulang sendirian ke Ngawi, sampai ke Ngawi langsung muter-muter ngurus karya tulis itu.. hmm.. demi lomba nulis, okelah..:)

Selasa, 8 Maret 2011.

jam delapan pagi aku lagi nyiapin karya ilmiah yang akan dikirim, memasukkannya ke tas dan bersiap ke rental (untuk bikin soft copy yang dalam bentuk Pdf) barulah aku sadar kalau aku belum menulis alamat di amplopnya. akhirnya kubuka surat edaran dari dosen pembimbing dan betapa shocknya diriku.. jreng jreng jreenggg...

KARYA TULIS ILMIAH HARUS DISERTAI SURAT PENGANTAR RESMI DARI KAMPUS!

dan parahnya aku lupa!!

well, jujur deadline karya tulis ilmiah ini memang mepet banget sampai aku lupa perihal surat ini. aku hanya membaca petunjuk mengenai tema, pengaturan halaman, ukuran kertas, de el el. surat edaran yang diberikan oleh dosen pembimbing itu tak begitu kuhiraukan. this is my biggest mistake!

masih bingung tentang surat pengantar, aku pergi ke bank (disuruh ibuk transfer, dan harus hari itu!). stelah dari bank dan kantor Pos (bayar tagihan telepon dan kawan-kawan), aku ke rental. dengan pedenya bilang ke si Mas penjaga rental untuk convert file ms. Word ku ke Pdf. dan ternyata oh ternyataa... si Mas Penjaga Rentalnya gantiii! dan penjaga baru itu nggak bisa convert!!! software-nya hilangg!!

hufh.. masalah masih berlanjut padahal karya tulis itu harus dikirim jam 11 (aku di rental sekitar jam 9). tapi berhubung sekarang waktunya maghrib, di cut dulu ya.. nanti dilanjut lagi...

Bersambungg..:)

*NB: Lomba yang kami ikuti adalah Program Kretivitas Mahasiswa-Artikel Ilmiah yang diadakan Dikti Pusat..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Have something on mind? Just write it below.. :)