03 Desember 2008

suratku di tanggal 25 nopember

ini adalah surat yang pada peringatan hari guru di sekolahku aku kumpulkan sebagai 'surat untuk guru'. walau telat aku posting, surat ini aku persembahkan untuk semua bapak dan ibu guru yang pernah ngajar aku dan juga untuk semua guru yang ada di dunia ini..

-------------------------------------------------------------------------------------------------

25 Nopember 2008


kepada
Ayahanda dan Ibundaku
di sekolah

Assalamualaikum.wr.wb..

25 nopember, otang2 menyebutnya hari guru. sebenarnya aku tidak tau kenapa ada hari khusus bernama hari guru itu?apakah untuk menghormati kalian?kalau iya, bukankah kalian tidak harus dihormati di hari ini saja? bukankah setiap haripun adalah hal yang wajib bagi semua siswa untuk menghormati gurunya?
aku tidak pernah menemukan jawabannya. yang ada justru setiap tahun aku ikut merayakan hari ini. 'anggap saja sebagai hari special untuk guru2 kita' pikirku. dan setahuku ini adalah hal yang wajar atau mungkin sangat wajar untuk dirayakan
tapi sekarang aku tidak ingin mempermasalahkannya. aku hanya ingin sekedar menceritakan sedikit hal yang ada di pikiranku selama ini tentang kalian. tentang 'guru'..
duluuu sekali, saat aku pertama kali mengenal kata guru, yang aku tau dan yakini adalah guru itu orang yang harus dihormati, pasti bener, nggak pernah salah dan apapun yang mereka katakan tidak pernah keliru!tidak ada tawar-menawar!titik.

apalagi setelah aku tahu ada pepatah bahwa guru itu adalah kependekan dari 'digugu lan ditiru'. seperti sebuah alasan yang sangat besar dan benar bagiku untuk selalu menghormati dan meneladani kalian.

ya..kalian memang harus dihormati!bahkan terkadang aku terlalu mementingkan kalian dibandingkan orang tuaku!saat disuruh orang tuaku, aku bisa saja sedang mengerjakan PR. itu semua hanya agar aku selalu menjadi murid yang baik untuk kalian, aku tidak ingin membuat kalian kecewa. aku ingin selalu menjadi yang terbaik di mata kalian!
tapi seiring berjalannya waktu, predikat 'digugu lan ditiru' serta wajib dihormati itu sedikit demi sedikit membuatku ragu. aku bahkan pernah menganggap kalian itu orang2 jahat yang sukanya memberi setumpuk tugas, soal latihan, PR serta ulangan!

belum lagi kalau nilai tugas atau ulanganku jelek, tidak hanya orang tuaku yang akan marah. tapi di sekolah aku akan kembali mendapat kata2 kekecewaan dari kalian..kesannya selalu aku yang salah..apakah kalian nggak pernah salah?

tapi,,terkadang aku merenung..terlalu egois juga kalo aku bilang kayak gitu. mengingat udah berapa juta detik waktu yang kalian pakai secara ikhlas untuk mengajariku hal2 yang baru dan berguna. sudah berapa banyak ilmu2 kalian yang aku terima..semuanya tak terganti!tak terhitung!

jadi sekarang, di hari yang 'special' ini. aku ingin menghaturkan terima kasihku yang tiada tara untuk kalian. dan maafkan aku atas segala hal2 buruk yang aku kaitkan dengan kalian selama ini..:D
ijinkanlah aku untuk tetap meneladani dan menimba ilmu dari kalian selamanya..
selamat hari guru ayah dan bundaku.....
Wassalamualaikum.wr.wb..


Anak didikmu...


-----------------------------------------------------------------------------------------------


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Have something on mind? Just write it below.. :)